Pages

Monday 28 June 2010

Apakah Air Minum dalam Kemasan Aman di Konsumsi ?

Air merupakan salah satu kebutuhan primer bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Air adalah sumber kehidupan, ungkapan semacam itu memang benar adanya. Manusia akan tetap bertahan hidup dengan tidak makan, tetapi manusia tidak akan bisa hidup tanpa mengkonsumsi air.

Setiap harinya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air kurang lebih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 Liter. Air yang kita konsumsi sebaiknya bukanlah air sembarangan, harus merupakan air yang memang layak untuk dikonsumsi. Air yang layak dikonsumsi itu tentunya harus dimasak terlebih dahulu agar kuman yang ada bisa mati dengan dipanaskannnya suhu air. Namun seringkali kita lebih tertarik memilih air minum kemasan yang dijual dalam berbagai merek dibandingkan dengan air minum yang dimasak di rumah sendiri. Nah, yang jadi pertanyaan, apakah air minum kemasan yang biasa kita minum itu aman untuk dikonsumsi layaknya air minum yang dimasak dirumah ?

Minum dari air kemasan memang kenyataannya lebih praktis. Tetapi ternyata minuman kemasan yang menggunakan botol plastik ataupun kaleng ini menggunakan bahan bakar minyak dan mencemari lingkungan. Situs National Georaphic menyebutkan bahwa fakta di Amerika, jumlah orang yang membeli minuman kemasan adalah yang paling banyak di dunia. Lebih dari 29 miliar botol kemasan setiap tahunnya yang kemudian menjadi masalah, dan dalam rangka memproduksi botol-botol tersebut pabrik menggunakan 17 juta barrel minyak mentah. Jumlah yang fantastis dan cukup untuk membuat sejuta mobil berjalan selama 12 bulan.

Beberapa orang mengatakan bahwa air botol lebih aman daripada air keran. Tetapi hal tersebut tidaklah benar. Di Amerika Serikat, pemerintah lokal telah meyakinkan bahwa air yang bersumber dari keran adalah aman dan justru yang saat ini menjadi perhatian adalah adanya keraguan apakah air yang ada di dalam botol juga aman. Karena bisa saja ikatan kimia pembentuk botol dalam suhu tertentu bisa mencemari air yang ada dalam kemasan.

Orang mungkin sangat menyukai air kemasan karena kepraktisannya. Tetapi jika mereka telah menyadari betapa besarnya dampak yang akan ditimbulkan oleh botol plastik maka lebih baik jika minum air dari gelas yang ada dirumah atau mungkin membawa air dalam botol isi ulang. Saat ini memang sudah diciptakan solusi atas masalah yang ditimbulkan oleh botol-botol plastik tersebut dengan cara mendaur ulangnya. Mungkin dengan menciptakan produk-produk daur ulang. Tetapi sayangnya, hanya beberapa saja yang berhasil di daur ulang. Sisanya terkubur di dalam tanah yang kemudian tidak bisa terurai dan akan mencemari tanah, sungai, danau, dan laut.

Mungkin tidak semudah itu untuk sama sekali tidak mengkonsumsi air kemasan tetapi mari berpikir sejak sekarang untuk lebih sering minum air dari gelas dan belajar untuk sama sekali meninggalkan air kemasan. (Farah)

No comments:

Post a Comment